Minggu, 10 November 2013

BLENDER

Sejarah Blender

Pada tahun 1988 Ton Roosendaal mendanai perusahaan yang bergerak dibidang animasi yang dinamakan NeoGeo. NeoGeo adalah berkembang pesat sehingga menjadi perusahaan animasi terbesar di Belanda dan salah satu perusahaan animasi terdepan di Eropa. Ton Roosendaal selain bertanggung jawab sebagai art director juga bertanggung jawab atas pengembangan software internal.

Pada tahun 1995 muncullah sebuah software yang pada akhirnya dinamakan Blender. Setelah diamati ternyata Blender memiliki potensi untuk digunakan oleh artis –artis diluar NeoGeo. Lalu pada tahun 1998 Ton mendirikan perusahaan yang bernama Not a Number (NaN) Untuk mengembangkan dan memasarkan Blender lebih jauh. Cita – cita NaN adalah untuk menciptakan sebuah software animasi 3D yang padat, cross platform yang gratis dan dapat digunakan oleh masyarakat computer yang umum.

Sayangnya ambisi NaN tidak sesuai dengan kenyataan pasar saat itu. Tahun 2001 NaN dibentuk ulang menjadi perusahaan yang lebih kecil NaN lalu meluncurkan software komersial pertamanya, Blender Publisher. Sasaran pasar software ini adalah untuk web 3D interaktif. Angka penjualan yang rendah dan iklim ekonomi yang tidak menguntungkan saat itu mengakibatkan NaN ditutup. Punutupan ini termasuk penghentian terhadap pengembangan Blender.

Karena tidak ingin Blender hilang ditelan waktu begitu saja, Ton Roosendaal mendirikan organisasi non profit yang bernama Blender Foundation. Tujuan utama Blender Foundation adalah tersu mempromosikan dan mengembangkan Blender sebagai proyek open source. Pada tahun 2002 Blender dirilis ulang dibawah syarat – syarat GNU General Public License.

PENGERTIAN BLENDER 

Blender merupakan OSS (Open Source SOftware) atau istilah lainnya software yang dapat di gunakan di berbagai macam OS (Operating System). Ini digunakan untuk dikembangkan secara komersial, tetapi sekarang dirilis di bawah GPL (GNU General Public License).
Blender dapat di gunakan di berbagai sistem operasi sebagai berikut :
  • Microsoft Windows
  • Mac OS X
  • Linux
  • IRIX
  • Solaris
  • NetBSD
  • FreeBSD
  • OpenBSD
 KELEBIHAN BLENDER
  • Open Source Blender merupakan salah satu software open source, dimana kita bisa bebas memodifikasi source codenya untuk keperluan pribadi maupun komersial, asal tidak melanggar GNU General Public License yang digunakan Blender.
  • Multi Platform Karena sifatnya yang open source, Blender tersedia untuk berbagai macam operasi sistem seperti Linux, Mac dan Windows. Sehingga file yang dibuat menggunakan Blender versi Linux tak akan berubah ketika dibuka di Blender versi Mac maupun Windows.
  • Update Dengan status yang Open Source, Blender bisa dikembangkan oleh siapapun. Sehingga update software ini jauh lebih cepat dibandingkan software sejenis lainnya. Bahkan dalam hitungan jam, terkadang software ini sudah ada update annya. Update an tersebut tak tersedia di situs resmi blender.org melainkan di graphicall.org
  • Free Blender merupakan sebuah software yang Gratis Blender gratis bukan karena tidak laku, melainkan karena luar biasanya fitur yang mungkin tak dapat dibeli dengan uang, selain itu dengan digratiskannya software ini, siapapun bisa berpartisipasi dalam mengembangkannya untuk menjadi lebih baik. Gratisnya Blender mendunia bukan seperti 3DMAX/ Lainnya yang di Indonesia Gratis membajak :p. Tak perlu membayar untuk mendapatkan cap LEGAL. Karena Blender GRATIS dan LEGAL
  • Lengkap Blender memiliki fitur yang lebih lengkap dari software 3D lainnya.  Coba cari software 3D selain Blender yang di dalamnya tersedia fitur Video editing, Game Engine, Node Compositing, Sculpting. Bukan plugin lho ya, tapi sudah include atau di bundling seperti Blender.
  • Ringan Blender relatif ringan jika dibandingkan software sejenis. Hal ini terbuti dengan sistem minimal untuk menjalankan Blender. Hanya dengan RAM 512 dan prosesor Pentium 4 / sepantaran dan VGA on board, Blender sudah dapat berjalan dengan baik namun tidak bisa digunakan secara maksimal. Misal untuk membuat highpolly akan sedikit lebih lambat.
  • Komunitas Terbuka Tidak perlu membayar untuk bergabung dengan komunitas Blender yang sudah tersebar di dunia. Dari yang newbie sampai yang sudah advance terbuka untuk menerima masukan dari siapapun, selain itu mereka juga saling berbagi tutorial dan file secara terbuka. Salah satu contoh nyatanya adalah OPEN MOVIE garapan Blender Institute

Animasi yang akan saya buat dengan blender

Saya akan membuat sebuah bangunan Art Galery yang di mana Art Galery tersebut terdiri dari beberapa ruangan yang setiap ruangan berbeda isinya contoh : ruangan petama adalah ruangan pameran lukisan,ruangan kedua adalah pameran wayang dan lainnya.  Tidak hanya itu saya akan menambahkan sound effect,jadi contohnya ketika kita masuk ke ruangan pertama music yang berputar adalah music classicdan ketika kita masuk ke ruangan kedua music yang dimainkan adalah music jawa dan sebagainnya.
 







Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Blender_%28perangkat_lunak%29
http://ilmukomputer.org/2011/11/29/kelebihan-blender/
http://dmaz091292.blogspot.com/2012/11/sejarah-pengertian-dan-kegunaan-dari.html

Selasa, 01 Oktober 2013

Desain Permodelan Grafik

Desain

Menurut wikipedia, desain diartikan sebagai suatu seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Dari pengertian tersebut dapat terlihat bahwa desain merupakan suatu gambaran atau suatu pola yang akan memiliki tujuan untuk menghasilkan sesuatu. Sebagai contoh adalah desain suatu baju. Desain tersebut berbentuk pola gambar yang dibuat oleh seorang desainer. Desain baju tersebut dibuat guna memenuhi keinginan seseorang untuk sebuah baju yang akan dibuat sesuai keinginan dia. Desain tersebut dibuat agar mempermudah proses pembuatan baju tersebut.

Pemodelan

Pemodelan merupakan tahap dimana akan dibentuk suatu obyek. Obyek yang dibuat dan di desain akan dibentuk seolah-olah benar-benar nyata. Dengan proses desain, obyek tersebut akan dibuat secara 3 dimensi. Proses pemodelan ini memerlukan perancangan dengan beberapa langkah saat pembuatannya. Misalnya menentukan obyek apa yang akan dibuat, metode apa yang akan digunakan, serta animasi apa yang sesuai dengan tujuan pembuatan obyek tersebut.

Grafik

Grafik identik dengan suatu garis-garis, tanda, dan bentuk huruf. Grafik merupakan cara-cara membentuk bentuk huruf, tanda serta gambar menggunakan proses pencetakan. Grafik juga di definisikan sebagai suatu pembuatan, penyimpanan serta manipulasi model dan citra.

Maka dapat disimpulkan bahwa Desain Pemodelan Grafik merupakan suatu proses dimana akan diciptakan suatu obyek baru menggunakan suatu perangkat lunak yang melalui tahapan-tahapan yaitu membuat, menyimpan, dan memanipulasi model dan citra.

Grafika komputer dapat digunakan di berbagai bidang kehidupan, mulai dari bidang seni, sains, bisnis, pendidikan dan juga hiburan. Berikut adalah bidang aplikasi spesifik dari grafika komputer:
  • Antarmuka pengguna (Graphical User Interface - GUI)
  • Peta (Cartography)
  • Kesehatan
  • Perancangan objek (Computer Aided Design - CAD)
  • Sistem multimedia
  • Presentasi grafik
  • Presentasi saintifik
  • Pemrosesan citra
  • Simulasi
Kegiatan yang biasanya berkaitan dengan grafik komputer adalah:

1.Pemodelan geometris : menciptakan model matematika
  dari objek-objek 2D dan 3D.
2.Rendering : memproduksi citra yang lebih solid
  dari model yang telah dibentuk.
3.Animasi : Menetapkan/menampilkan kembali tingkah laku
  /behaviour objek bergantung waktu.
4.Graphics Library/package (contoh : OpenGL) adalah
  perantara aplikasi dan display hardware(Graphics System)
5.Application program memetakan objek aplikasi ke
  tampilan/citra dengan memanggil graphics library
6.Hasil dari interaksi user menghasilkan/modifikasi citra
7.Citra merupakan hasil akhir dari sintesa, disain,
  manufaktur, visualisasi dll. 

Tipe-Tipe Citra

  1. Grafis Komputer 2D
Grafik komputer 2D  adalah pembuatan objek gambar yang masih berbasis gambar dengan perspektif 2 titik sebagai contoh adalah:gambar teks,bangun 2D seperti segitiga,lingkaran dsb. Grafik komputer 2D kebanyakan digunakan pada aplikasi yang digunakan hanya untuk mencetak dan menggambar seperti tipografi, gambar, kartun,iklan, poster dll.
 
  1. Pixel Art
Pixel art adalah sebuah bentuk seni digital, yang diciptakan melalui penggunaan perangkat lunak grafik raster di mana gambar akan diedit pada tingkat pixel.  Pixel art dapat ditemukan pada komputer atau game-game yang relatif tua, dan juga dapat ditemukan pada telepon genggam.
 
  1. Vector graphics
Berbeda dengan pixel, grafik vektor merupakan representasi dari gambar dengan berupa array pixel. Dimana keunggulannya adalah pada resolusi berapapun dan tingkat pembesaran apapun gambar yang dihasilkan tetap(tidak blur atau pecah)
 
  1. Grafik Komputer 3D
Grafik komputer 3D merupakan suatu grafis yang menggunakan 3 titik perspektif dengan cara matematis dalam melihat suatu objek, dimana gambar tersebut dapat dilihat secara menyeluruh dan nyata. Untuk perangkat-perangkat lunak yang digunakan untuk grafik komputer 3D ini banyak bergantung pada aloritma-algoritma. 
 
  1. Animasi Komputer
Animasi Komputer adalah seni membuat gambar bergerak melalui komputer.  Biasanya ini digunakan pada film-film animasi berbudget besar. Tetapi film-film non animasi juga banyak yang menggunakan teknik ini, sebut saja Lord Of  The Ring, Harry Potter, dsb.





Sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Grafika_komputer
http://upamy.blogspot.com/2010/02/disain-pemodelan-grafik.html
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2011/11/desain-pemodelan-grafik-dan-teknologi-vektor-dan-bitmap/
http://neuroindonesian.blogspot.com/2011/10/desain-pemodelan-grafik.html

Sabtu, 18 Mei 2013

Penilaian Web 2

Kali ini saya akan kembali menilai dua buah webpage universitas. Kali ini saya akan kembali menggunakan parameter yang sama dengan postingan saya sebelumya yaitu ACTIVITY. Dalam activity terdapat Tiga penilaian yaitu :

1. PRESENCE

Presence adalah banyaknya halaman dalam suatu domain yang diindeks oleh mesin pencari Google. Presence merepresentasikan banyaknya aktivitas yang telah dilakukan oleh unit dan terdokumentasikan di situs web unit.

2. OPENNESS

Hampir sama dengan scholar, yaitu jumlah karya ilmiah yang dipublikasikan dan terindex di Google Scholar akademik yaitu file berekstensi : pdf, doc, docx, ppt yang dipublikasikan di website khusus untuk periode tertentu.

3. EXCELLENCE

Makalah-makalah akademis yang diterbitkan dalam jurnal internasional ternama memainkan peran yang sangat penting dalam peringkat Universitas.
Nilai ini dipergunakan untuk Departemen dengan menghitung banyaknya karya ilmiah yang terindex Scopus/Scimago.

Dan web yang akan kita nilai adalah :

1. Universitas Udayana : http://www.unud.ac.id
2. Universitas Lampung : http://www.unila.ac.id


NO.
PENILAIAN
Unud.ac.id
Unila.ac.id
1.
Presence
436.000 hasil dari pencarian google
720.000 hasil dari pencarian google
2.
Opennes
693 hasil dari pencarian google scholar
703 hasil dari pencarian google scholar
3.
excellence
436 hasil pencarian dari sciverse
2135 hasil dari pencarian sciverse

Dari tabel di atas dapat disimpulkan bahwa dari segi presence memiliki hasil pencarian yang cukup banyak,sedangkan dari segi opennes yaitu pencarian file-file pdf melalui google scholar mendapatkan hasil yang lumayan,kemudian dari segi excellence terindex dari tahun 2008-2012 terdapat 436 hasil pencarian dari sciverse untuk unud dan untuk unila terindex mulai tahun 2009-2013 terdapat 2135 makalah akamdeis.





sumber :
fitriapurnamasari.blogspot.com
http://www.hub.sciverse.com
http://webometrics.info/en

Jumat, 12 April 2013

Penilaian WEB

Webometrics adalah pemeringkatan situs web perguruan tinggi seluruh dunia, dalam pemeringkatannya webometric utamanya memperhatikan dua hal yaitu keterkenalan dan isi. Periode penilaian dilakukan dua kali dalam satu tahun, yaitu periode Januari dan periode Juli.

Mengacu pada webomatrics saya akan membahas kedua webpage berikut sesuai dengan parameter penilaian webomatrics.
Saya akan menilai dari segi ACTIVITY yang terdiri dari :

1. PRESENCE
Presence adalah banyaknya halaman dalam suatu domain yang diindeks oleh mesin pencari Google. Presence merepresentasikan banyaknya aktivitas yang telah dilakukan oleh unit dan terdokumentasikan di situs web unit.

2. OPENNESS
Hampir sama dengan scholar, yaitu jumlah karya ilmiah yang dipublikasikan dan terindex di Google Scholar akademik yaitu file berekstensi : pdf, doc, docx, ppt yang dipublikasikan di website khusus untuk periode tertentu.

3. EXCELLENCE
Makalah-makalah akademis yang diterbitkan dalam jurnal internasional ternama memainkan peran yang sangat penting dalam peringkat Universitas.
Nilai ini dipergunakan untuk Departemen dengan menghitung banyaknya karya ilmiah yang terindex Scopus/Scimago.

2 situs web site yang akan saya bahas adalah :

1. ps-ekosyariah.gunadarma.ac.id
2. ps-keusyariah.gunadarma.ac.id


NO.
PENILAIAN
Ps-ekosyariah.gunadarma.ac.id
Ps-keusyariah.gunadarma.ac.id
1.
Presence
56 hasil dari pencarian Google
130 hasil dari pencarian Google
2.
Openness
Tidak ada
Tidak ada
3.
Excellence
Tidak ada
Tidak ada

Kesimpulan :

pada Ps-ekosyariah.gunadarma.co.id  banyaknya halaman dalam suatu domain yang diindeks oleh mesin pencari sebanyak 56 hasil dan pada Ps-keusyariah.gunadarma.ac.id banyaknya halaman dalam suatu domain yang diindeks oleh mesin pencari adalah sebanyak 130 hasil. Sedangkan penilaian dari segi openness dan excellence dari keduan website tersebut tidak ditemukan atau tidak terdapat file-file PDF,doc, docx, ppt. dan tidak ada pula makalah-makalah akademis.








sumber :
http://lemlit.uhamka.ac.id/index.php?pilih=news&mod=yes&aksi=lihat&id=109&judul=webometrics-2012.html
http://webometrics.info/en
http://lombaweb.event.ipb.ac.id/kriteria-penilaian/


Minggu, 24 Maret 2013

PENGALAMAN PERTAMA MENGENAL INTERNET

Awal mula mengenal internet

awal mula saya mengenal internet adalah ketika saya duduk di bangku SMP. Saat itu saya di suruh mencari tugas di internet,kemudian saya mulai mengenal situs pertemanan online bernama Friendster.Sejak saat itu saya mulai sering bermain internet apa lagi setelah banyak bermunculan game online dan situs pertemanan online lainnya.
Saat SMA saya mulai belajar membuat web dengan menggunakan notepad,tapi hanya sebatas hal-hal yang dasar saja. Kemudian saya belajar membuat blog,bagaimana menguubah template,menaruh link di blog,menaruh jam,tanggal,comment box,music,dan membuat text berjalan.