Jumat, 27 Maret 2015

Model 3D

Pada postingan sebelumnya pada blog saya, sudah saya jelaskan apa itu blender dan fungsinya. blender merupakan OSS (Open Source SOftware) atau istilah lainnya software yang dapat di gunakan di berbagai macam OS (Operating System). Ini digunakan untuk dikembangkan secara komersial, tetapi sekarang dirilis di bawah GPL (GNU General Public License).
Blender memiliki banyak fungsi terutama dalam memodelkan objek 3D. dalam hal ini saya juga menggunakan software blender untuk memodelkan objek 3D yang akan saya gunakan sebagai objek dalam penulisan ilmiah dalam hal ini saya membuat model 3D hewan capung.

model 3D capung

Gambar di atas adalah model 3D capung yang saya buat. Proses pembuatannya saya menggunakan beberapa tools mesh yang terdapat pada software blender seperti cube, cylinder, plane dan lainnya kemudian dibentuk dengan scale dan sebagainya. setelah terbentuk maka diberikan warna dan untuk sayap menggunakan texture. karena bagian-bagian tubuh capung dibuat secara terpisah maka agar ketika di gerakkan atau di pindah-pindah tidak berantakan maka seluruh objek di join agar menjadi satu objek yang utuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar