Jumat, 28 September 2012

perkembangan Internet & New Media

Perkembangan Internet

Pengertian Internet

Internet merupakan jaringan global komputer dunia, besar dan sangat luas sekali dimana setiap komputer saling terhubung satu sama lainnya dari negara ke negara lainnya di seluruh dunia dan berisi berbagai macam informasi, mulai dari text, gambar, audio, video, dan lainnya.

Internet itu sendiri berasal dari kata Interconnection Networking, yang berarti hubungan dari banyak jaringan komputer dengan berbagai tipe dan jenis, dengan menggunakan tipe komunikasi seperti telepon, salelit, dan lainnya.

Sejarah Perkembangan Internet

Teknologi Informasi dan Telekomunikasi (Information and Communication Technology/ICT) merupakan tulang punggung aplikasi Web 2.0. Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang fenomenal dan menjadi awal munculnya aplikasi web adalah Internet. Internet yang berawal dari riset untuk pertahanan dan keamanan serta pendidikan berkembang menjadi perangkat pendukung bisnis yang sangat berpengaruh. Dalam kaitan dengan aplikasi Web 2.0 ini, terdapat beberapa peristiwa penting dalam sejarah internet.


Berawal pada tahun 1957, melalui Advanced Research Projects Agency (ARPA), Amerika Serikat bertekad mengembangkan jaringan komunikasi terintegrasi yang saling menghubungkan komunitas sains dan keperluan militer. Hal ini dilatarbelakangi oleh terjadinya perang dingin antara Amerika Serikat dengan Uni Soviet (tahun 1957 Soviet meluncurkan sputnik).

Perkembangan besar Internet pertama adalah penemuan terpenting ARPA yaitu packet switching pada tahun 1960. Packet switching adalah pengiriman pesan yang dapat dipecah dalam paket-paket kecil yang masing-masing paketnya dapat melalui berbagai alternatif jalur jika salahsatu jalur rusak untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Packet switching juga memungkinkan jaringan dapat digunakan secara bersamaan untuk melakukan banyak koneksi, berbeda dengan jalur telepon yang memerlukan jalur khusus untuk melakukan koneksi. Maka ketika ARPANET menjadi jaringan komputer nasional di Amerika Serikat pada 1969, packet switching digunakan secara menyeluruh sebagai metode komunikasinya menggantikan circuit switching yang digunakan pada sambungan telepon publik.

Perkembangan besar Internet kedua yang dicatat pada sejarah internet adalah pengembangan lapisan protokol jaringan yang terkenal karena paling banyak digunakan sekarang yaitu TCP/IP (Transmission Control Protocol/ Internet Protocol). Protokol adalah suatu kumpulan aturan untuk berhubungan antarjaringan. Protokol ini dikembangkan oleh Robert Kahn dan Vinton Cerf pada tahun 1974. Dengan protokol yang standar dan disepakati secara luas, maka jaringan lokal yang tersebar di berbagai tempat dapat saling terhubung membentuk jaringan raksasa bahkan sekarang ini menjangkau seluruh dunia. Jaringan dengan menggunakan protokol internet inilah yang sering disebut sebagai jaringan internet.

Jaringan ARPANET menjadi semakin besar sejak saat itu dan mulai dikelola oleh pihak swasta pada tahun 1984, maka semakin banyak universitas tergabung dan mulailah perusahaan komersial masuk. Protokol TCP/IP menjadi protokol umum yang disepakati sehingga dapat saling berkomunikasi pada jaringan internet ini.

Perkembangan besar Internet ketiga adalah terbangunnya aplikasi World Wide Web pada tahun 1990 oleh Tim Berners-Lee. Aplikasi World Wide Web (WWW) ini menjadi konten yang dinanti semua pengguna internet. WWW membuat semua pengguna dapat saling berbagi bermacam-macam aplikasi dan konten, serta saling mengaitkan materi-materi yang tersebar di internet. Sejak saat itu pertumbuhan pengguna internet meroket.

sumber : http://www.sejarah-internet.com/perkembangan-internet/

Perkembangan New Media 

New Media adalah media baru sebagai produk teknologi informasi dan komunikasi sekarang dan mendatang bersama-sama dengan komputer digital. Ada banyak sekali contoh New Media saat ini, salah satu diantaranya dan menjadi "tren" saat ini adalah Internet.

Adapun Macam macam social Network pada saat ini adalah:

1.Facebook

Facebook adalah sebuah situs jejaring sosial yang diluncurkan pada Februari 2004, Facebook memiliki lebih dari 600 juta pengguna aktif.Pengguna facebook dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna yang memiliki tujuan tertentu, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah, perguruan tinggi, atau karakteristik lainnya. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg. Keanggotaan situs web ini awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford. Situs ini secara perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun. Facebook merupakan jejaring sosial yang paling banyak digunakan menurut pengguna aktif di seluruh dunia.

2. Youtube

Social network yang ini agak sedikit berbeda dengan yang diatas . Youtube ini adalah media dimana para penggunanya dapat berbagi video video mereka yang diupload lalu diposting sehingga orang orang dari seluruh dapat melihatnya ,mulai dari video lucu, keren, horor, mistik, berpendidikan, dll, dan apabila berkenan memberikan komentar . Di youtube ini banyak sekali fakta menarik ,seperti mendadak menjadi artis karena video yang mereka tampilkan .

3. Twitter

witter adalah sebuah situs jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets). Kicauan ini adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut. Sejak dibentuk pada tahun 2006 oleh Jack Dorsey, Twitter telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia dan saat ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna. Hal ini kadang-kadang digambarkan sebagai "SMS dari internet".

Maka dapat kita simpulkan alasan New Media cepat berkembang adalah :
           1. tarif murah
           2. jaringan global
           3. Teknologi mampu menampilkan semua jenis informasi
           4. Pertumbuhan bisnis online yang sangat cepat
           5. Pertumbuhan akses mobile

Adapun Dampak positif dan negatif dari penggunaan jejaring sosial.

Dampak positif :

· Mempermudah komunikasi dengan teman.
· Memperluas jaringan pertemanan.
· Bisa digunakan untuk mencari teman lama.
· Bisa digunakan untuk menjual barang secara online.
· Media penyebaran informasi.

Dampak negatif :

· Ketergantungan.
· Membuang-buang waktu.
· Kejahatan dunia maya (cyber crime).


Kesimpulan : Penggunaan new media memang sangat pesat belakangan ini, masyarakat cyber pun banyak bermunculan , karena new media ini sifatnya bebas, maka kita jangan sampai kebebasan ini malah merugikan kita . Perlunya pemahaman tentang penggunaan media ini sangat penting , agar meminimalisir kerugian dan dapat merubah kerugian menjadi kentungan kita.

sumber : http://guntur-tkj.blogspot.com/2011/11/perkembangan-new-media-macam-macam.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar